cover
Contact Name
Elga Yanuardianto
Contact Email
jurnalfajarpai22@gmail.com
Phone
+6287839366678
Journal Mail Official
jurnalfajarpai22@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kyai Mojo No.101 P.O. Kotak 170 Jember 68133 Telp./Fax (0331) 488675
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28092864     EISSN : 28084527     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember merupakan wadah publikasi yang berupa hasil penelitian dan kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, dan Mahasiswa yang membahas tentang permasalahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pemikiran Tokoh Pendidikan Agama Islam. Artikel yang diterbitkan dalam FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam ruang lingkup kajiannya sebagai berikut: 1. Pembelajaran Pendidikan Islam; 2. Kurikulum Pendidikan Islam; 3. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam; 4. Perkembangan-Perkembangan Anak; 5. Tekhnologi dan Media Pembelajaran; 6. Konsep Ide, Teori dan Praktik Pendidikan Islam; 7. Kajian Pendidikan dalam Prespektif Islam; 8. Penelitian Pendidikan Agama Islam; 9. Kompetensi dan Profesionalisme Guru; 10. Kajian Kritis terhadap Problem dan alternative Pendidikan Agama Islam; 11. Kajian Analisis Pemikiran Tokoh Pendidikan Agam Islam; 12. Pendidikan Karakter; 13. Manajemen Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)" : 7 Documents clear
Strategi Pendidikan Karakter Aswaja dalam Upaya Membentuk Soft Skill M. Abd. Basir BASIR
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.002 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i2.1224

Abstract

Pendidikan karakter saat ini, merupakan jawaban atas persoalan memprihatinkan keberadaan di masyarakat semakin krisis. Oleh karena itu, pendidikan karakter dinilai sebagai solusi terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa, melalui pendidikan di lembaga-lembaga pendidikan, khususnya yang yang terkait dengan pengembangan soft skill peserta didik sebagai generasi penerus. Pemikiran ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi implementasi pendidikan karakter terhadap soft skill. Dari hasil menunjukkan bahwa proses pendidikan karakter pembinaan dilakukan dengan menerapkan nilai-nilai pendidikan karakter, dan upaya pelaksanaan pendidikan karakter bagi pembinaan soft skill peserta didik bisa dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Aswaja/Nadhlatul Ulama nilai pendidikan pada semua aspek.
Korelasi Kajian Kitab Kuning dengan Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di SMP Unggulan Al- Hikmah Kesilir Wuluhan Jember Achmad Faisol; Hadziq Annuha
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.447 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i2.1225

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang mengacu pada teori perkembangan kognitif para siswa. Penulis memfokuskan kelas VIII SMP Unggulan Al-Hikmah pada penelitian ini. Pembelajaran kitab kuning dan mata pelajaran al-Qur’an Hadits merupakan bidang yang sama-sama berkonteks dengan abjad arab. Dengan hal itu siswa menjadi terbiasa dengan literatur arab, yang mana hal tersebut akan memudahkannya dalam memahami dan menguasai pelajaran yang berliteratur bahasa arab. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, interview/ wawancara, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Apakah ada korelasi antara kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran al-Qur,an Hadits siswa SMP Unggulan Al-Hikmah Kesilir Wuluhan Jember?. Analisis data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan program SPSS 26. Dengan nilai 0.006 yang menunjukkan adanya korelasi. Derajat hubungan yang diperoleh bernilai 0.484 yang dapat ditafsirkan dalam kategori sedang. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar pelajaran al-Qur,an Hadits dalam kategori sedang. Dan hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima, dan hipotesis nihil/ nol (Ho) ditolak. Kata Kunci: Kitab Kuning, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits
Strategi Mind Mapping Kitab Fiqih Fathul Qorib Pada Bab Thaharah Kelas VI di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Al Amien Ambulu Jember Jasuli
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.151 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i2.1227

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya adalah usaha sadar dari seorang guru  untuk membelajarkan siswanya (mengarahkan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan. Maka salah satu usaha seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, sehingga hasil belajar juga akan meningkat sesuai dengan tujuan yang diharapkan, salah satunya adalah dengan cara menerapkan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan rangkaian dari sebuah proses pembelajaran dan merupakan salah satu suksesnya sebuah pembelajaran juga ditentukan tepatnya penggunaan pemilihan strategi. Oleh karena itu, strategi mind mapping sangat tepat dilaksanakan padapembelajaran kitab fiqih bab thoharah karena pada materi ini banyak sekali pembagian-pembagian sub babnya. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive (bertujuan). Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pernyataan Miles dan Huberman dengan langkah langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu dengan trianggulasi sumber dan teknik.   Kata Kunci: Mind Maping, Kitab Fathul Qorib, Thaharah
Adaptasi Pembelajaran Fiqih di Masa Pandemi Covid 19 Kelas VII A di MTs Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember Anis Rofi Hidayah; Maria Ulfa
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (264.881 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i2.1229

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan kondisi yang berbeda, dimana proses pembelajaran berlangsung di tengah Pandemi Covid 19 yang melanda Negara Indonesia yang membuat proses pembelajaran berlangsung dengan waktu pelaksanaanya berbeda tidak seperti biasanya yang mengharuskan adanya penyesuain dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Untuk menemukan penjelasan terkait adaptasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember, 2. Untuk menemukan penjelasan terkait adaptasi evaluasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian guru mata pelajaran fiqih, informan kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data : teknik triangulasi. Teknik analisis data : data reduction (pemilihan data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Adaptasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang meliputi : a. kebijakan sekolah, b. perencanaan pembelajaran, c. penyesuaian jadwal pelajaran, d. penyesuaian metode dan media pembelajaran, e. pelaksanaan pembelajaran sesuai protokol kesehatan. 2. Adaptasi evaluasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang: a. pembelajaran daring : evaluasi dilakukan dengan tes tulis, dan merangkum hasil diskusi, b. pembelajaran semi daring : evaluasi dilakukan dengan tes tulis, tes lisan, dan non tes observasi di kelas. Kata Kunci: Adaptasi Pembelajaran Fiqih, Masa Pandemi Covid 19.
Strategi Pemodelan Kognitif Sosial Guru PAI dalam Pembentukan Kepribadian Siswa Elga Yanuardianto; Abu Yasid; Mahbubi
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.905 KB) | DOI: 10.56013/fj.v1i2.1230

Abstract

Penanaman Kepribadian dimulai dari lingkungan keluarga, kerabat, sekolah dan lingkungan masyarakat. Lingkungan rumah dan keluarga sebagai lingkungan pembentukan dan pendidikan Kepribadian yang pertama dan utama harus lebih diberdayakan dan haal tersebut merupakan tugas orang tua sebagai penanam pertama Kepribadian anaknya. Keluarga adalah sekolah untuk kasih sayang, tempat belajar yang penuh dengan cinta, janganlah orang tua menanamkan keluarga sebagai tempat untuk bertengkar dengan pasangannya karena dengan hal itu sangatlah berakibat buruk pada perkembangan Kepribadian anak yang akan menganggap berkeluarga adalah hal yang sangat menyengsarakan kelak jika anak tersebut sudah dewasa. Pembentukan Kepribadian melalui sekolah juga harus diperhatikan di sekolah pendidikan tidak semata-mata tentang mata pelajaran yang hanya meningkatkan kemampuan IQ saja tetapi juga harus diperhatikan bagaimana penanaman moral, nilai-nilai estetika, budi pekerti yang luhur dan lain sebagainya. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki dari profesi seorang guru, karena dalam Istilah Jawa bahwa seorang guru adalah seseorang yang harus digugu (dipercaya) dan ditiru ( dicontoh), dari sini kita memahami bahwa guru merupakan profesi yang patut untuk dihargai dan dijunjung tinggi, dan dari Implementasi tersebut maka sepatutnya seorang guru harus menjadi model atau Uswatun Hasanah yang mampu melahirkan siswa dengan kepribadian yang baik sehingga mampu menjadikan dunia pendidikan yang berbasis karakter, bermoral tanpa meninggalkan kearifan budaya lokal. Fenomena yang terjadi di SMPI Yanabi’ul Ulum Plalangan kecamatan Kalisat Jember, bagaimana strategi guru disekolah tersebut dalam membentuk kepribadian siswa melalui pemodelan kognitif social patut untuk di telaah karena ini akan menjadi salah satu cara dalam menjadikan siswa berkepribadian yang baik disekolah maupun diluar sekolah. Keywords: Pemodelan Kognitif Sosial, Kepribadian Siswa
Pengembangan Metode Pembelajaran Fiqih di MTs Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember Nuzzulul Ulum
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v1i2.1899

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengembangan metode pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih dan meningkatkan pembelajarn PAI pada umumnya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran fiqih Annuriyyah Kaliwining, bagaimana metode praktek dalam pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining, Bagaimana metode evaluasi dalam pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining lebih menekankan pada aspek keaktifan siswa dan aktifitas siswa secara penuh dalam proses pembelajaran di kelas. Penggunaan metode pembelajarannya cukup fleksibel, artinya disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Penggunaan metode , sumber bahan pembelajaran dituangkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran fiqih yakni metode ceramah, metode praktek, metode evaluasi.   Key word: Pengembangan metode, pembelajaran fiqih
Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar di Madrasah Aliyah Roudlotut Tolibin Sukorambi Jember Nur Ali
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 2 (2021): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Desember)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v1i2.1991

Abstract

Guru merupakan orang yang sangat dominan dan paling penting, karena bagi siswa guru dijadikan tokoh tauladan (Panutan), bahkan cenderung dijadikan tokoh identifikasi diri. Dalam proses belajar mengajar, guru adalah salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut. Oleh sebab itu guru harus mempunyai kompetensi (kemampuan) dibidangnya untuk mengorganisasi ide-ide yang dikembangkan di kalangan peserta didiknya sehingga dapat menggerakkan gairah dan semangat belajar siswa. Seorang guru juga dituntut menjadi seorang guru yang profesional dan berkompeten, baik itu kompetensi personal, sosial maupun kompetensi professional. Serta kompetensi berupa pengetahuan (knowledge), pemahaman, kemampuan (skiil), nilai, sikap dan minat (interest). Sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi belajar siswa bisa terwujud. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Roudlotut Tolibin Sukorambi Jember, dan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Roudlotut Tolibin Sukorambi Jember. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian diskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode Observasi, Interview, Dokumentasi dan Angket. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang di pisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini, bahwasannya guru Madrasah Aliyah Roudlotut Tolibin Sukorambi Jember sudah berkompeten dan profesional dalam bidangnya. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pendidikannya berkualifikasi pada pendidikan S-I, sebagai syarat mengajar untuk jenjang SMA/MAN. Dalam proses belajar mengajar guru Madrasah Aliyah Roudlotut Tolibin Sukorambi Jember sudah mengajar sesuai dengan keahlian/bidangnya, mempersiapkan pengajaran, menyusun persiapan pembelajaran, mencarikan materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan dalam kurikulum (GBPP), menggunakan metode pengajaran yang cocok, serta menggunakan media pembelajaran. Sedangkan upaya yang dilakukan guru Madrasah Aliyah Roudlotut Tolibin Sukorambi Jember untuk meningkatkan kompetensinya diantaranya dengan mengikuti musyawarah guru bidang studi (MGBS). Mengikuti penataran, seminar, diskusi serta memanfaatkan media cetak atau media massa. Adapun upaya kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru Madrasah Aliyah Roudlotut Tolibin Sukorambi Jember adalah dengan melakukan supervisi (pengawasan), mendukung ide-ide baru dari guru, mengadakan rapat, membahas masalah proses belajar mengajar, mengawasi tugas guru dan mengadakan penilaian terhadap guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 7